Golkar NTT Mulai Jaring Nama Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati

Emanuel Melkiades Laka Lena, Bakal Calon Gubernur NTT dari Partai Golkar. FOTO:ISTIMEWAH
Emanuel Melkiades Laka Lena, Bakal Calon Gubernur NTT dari Partai Golkar. FOTO:ISTIMEWAH

KUPANG RADARPANTAR.com—Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah baru akan dihelat 2024, tetapi  Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mulai melakukan penjaringan para bakal calon kepala daerah (bupati-wakil bupati) di seluruh NTT untuk Pilkada 2024 mendatang.

Langkah cepat ini  dilakukan Partai Golkar untuk mempersiapkan para bakal calon kepala daerah di NTT secara baik.  Bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang mulai dijaring itu meliputi bupati-wakil bupati se-NTT dan  Gubernur-Wakil Gubernur NTT.

Bacaan Lainnya

Tahapan penjaringan ini sudah  dibahas dalam serangkaian pertemuan virtual para pengurus DPD II Golkar se-NTT, para pengurus DPD I Golkar NTT, Dewan Pertimbangan Golkar NTT, para anggota Fraksi Partai Golkar di NTT kurang lebih dua minggu terakhir.

Pertemuan itu dipimpin Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, bergantian dengan Wakil Ketua DPD I Golkar NTT, Ir. Ans Takalapeta, Frans Sarong dan  Liby Sinlaeloe.

Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, dalam rapat-rapat virtual itu menekankan, bakal calon kepala-wakil kepala daerah dan bakal calon legislatif di NTT yang dijaring itu mewakili unsur pengurus Golkar,  perempuan, kalangan milenial, tokoh masyarakat, pensiunan  ASN, TNI/Polri yang dipandang memiliki kapasitas, kompetensi dan integritas untuk mewakili Golkar di lembaga eksekutif dan legislatif.

“Pilkada dan Pileg masih tiga tahun lagi, tetapi kita sudah melakukan penjaringan dari sekarang. Tujuannya agar para bakal calon yang dijaring itu bisa dan mulai mempersiapkan diri lebih cepat, lebih baik untuk dikenal masyarakat,” kata Melki Laka Lena dalam rapat virtual, Minggu (16/5/2021), malam.

Dalam rapat itu disepakati agar untuk bakal calon kepala daerah (bupati/walikota) bakal calon yang dijaring itu 2–5 nama. Sedangkan untuk bakal calon wakil kepala daerah 2– 15 nama.

Sementara untuk para bakal calon legislatif untuk semua tingkatan dari kabupaten hingga pusat dijaring 200 persen dari jumlah kursi yang ada di setiap daerah pemilihan.

“Nama-nama ini akan diumumkan kepada masyarakat supaya masyarakat tahu siapa-siapa saja yang bakal maju sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah dan anggota legislatif. Nama-nama yang dijaring dan diumumkan ini akan terus dievaluasi untuk melihat seperti apa respon masyarakat, sejauh mana para bakal calon ini bekerja dan  memperkenalkan diri ke masyarakat. Kalau memang tidak bekerja mempersiapkan diri dan dari survai tidak memungkinkan untuk diusung, akan kita ganti dengan nama lain yang lebih siap dan diterima  masyarakat,” urai Melki, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini.

Menurut Melki, tahapan penjaringan yang dilakukan Golkar NTT ini bakal menjadi contoh untuk DPP Golkar dan juga DPD Golkar di seluruh Indonesia. “Pola NTT ini akan  menjadi semacam role model untuk seluruh Indonesia,” tegas Melki.

Menurut rencana, nama-nama para bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah se-NTT  jaringan Partai Golkar akan diumumkan kepada publik, Senin (17/5/2021) petang hari ini.  *** morisweni 

Pos terkait